Bersosialisasi dalam keseharian baik di dalam lingkungan pendidikan ataupun pekerjaan, tentu membutuhkan skill sosialisasi yang baik. Nah berikut ini PHES akan kasih contoh perilaku dalam bersosialisasi yang akan membuatmu jatuh dalam kegagalan. Yuk simak perilaku apa saja:

 

  1. Iri terhadap teman yang lebih berhasil

Saat kita merasa iri terhadap teman yang jauh lebih berhasil. Hal itu akan memunculkan perilaku buruk kita. Mulai dari tidak menanggapi mereka, sampai mencoba bersaing dengan menghalalkan segala cara. Iri bukan tanda kita ingin lebih baik, tapi terkadang justru semakin menunjukkan betapa buruknya dan lemahnya kita.

Yang perlu selalu diingat adalah kemampuan kita sendiri. Kita harus yakin, setiap dari kita memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Dengan tujuan yang sama, bisa jadi cara kita berbeda untuk mencapai tujuan itu.

 

  1. Memperjuangkan sesuatu yang nyata salah

Sebagai manusia, berjuang sudah menjadi sebuah kebutuhan. Memperjuangkan sesuatu yang baik atau benar sudah pasti akan memberikan hal yang baik pula untuk kita. Kita tahu tujuannya benar, sehingga kita bisa memilih cara yang benar dalam menggapainya.

Lalu bagaimana dengan sesuatu hal yang salah namun tetap kita perjuangkan? Jika di awal kamu belum tahu itu salah, maka semua menjadi pelajaran. Tapi jika kamu sudah tahu dari sebelumnya namun tetap kamu paksakan, semua seolah menjadi sia-sia.

 

  1. Tidak mau mendengarkan saran orang lain

Ya, kamu mungkin punya pendapatmu sendiri. Kamu yakin dengan semua yang kamu lakukan. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa mendengarkan pendapat orang lain. Bagaimanapun kita adalah manusia yang tidak bisa hidup sendiri. Dengan segala kemampuan yang kita miliki, kita pun tetap akan membutuhkan orang lain, bahkan sekedar meminta pendapat mereka.

Saat kita menunjukkan keangkuhan dan sikap keras kepala sedangkan orang lain hanya ingin memberikan nasehatnya untuk kita, maka sudah pasti mereka akan semakin kasian dan menganggap kita lemah. Ingatlah, orang sukses bukanlah mereka yang tidak membutuhkan siapapun. Mereka adalah orang yang mau mendengar dan memilih dengan bijak mana saran yang bisa digunakan dan mana yang harusnya diabaikan.

 

  1. Enggan berusaha karena malu telah gagal

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, setiap yang sudah kita usahakan tentu akan mengalami gagal dan berhasil. Tak semua hal bisa dicapai sesuai dengan ekspektasi kita. Perjuangan panjang pun kadang hanya melatih kita untuk bersabar dan pantang menyerah. Namun begitulah hidup, tentang berjuang lagi dan lagi.

Tapi itu bukan berarti kita boleh menyerah dengan mudah. Saat kita tahu yang kita perjuangkan adalah hal yang baik namun dengan mudah kita menyerah karena rasa malu sempat gagal. Maka kita bisa menjadi manusia yang sangat lemah.

 

  1. Banyak bicara & menjelek-jelekkan orang lain

Sudah banyak contohnya, orang yang terlalu banyak “bicara” bukanlah mereka yang tahu segalanya. Beberapa hanya mengutarakan pendapat tanpa alasan pasti yang bertujuan menggiring opini masyarakat agar sesuai dengan keinginannya.

Lebih-lebih jika ia banyak membicarakan keburukan orang lain. Dengan tujuan agar lebih banyak orang yang tidak menyukai orang tersebut sama sepertinya. Mempengaruhi untuk hal yang buruk akan membuat kita semakin terlihat lemah.

 

Nah, jangan sampai deh GMania, poin di atas ada pada dirimu. Yuk kembangkan potensimu agar bisa menjadi pribadi yang menyenangkan. Untuk langkah awal bersosialisasi dengan asyik. Yuk ajak week end ini teman, keluarga atau orang terdekatmu ke Bakmi GM ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.